Pages

Menghemat Biaya Makan di Jepang

No stories if you don't share.
So, just wanna share from my experience.
Banyak teman yang mengeluhkan biaya makan di Jepang yang kelewat mahal. Iya sih, klo nyarinya makanan di basement department store nan besar dan mewah di Jepang. Jangankan makan, ngeliat harga cakesnya aja gw udah keselek duluan. Sepotong kecil black forest cakes di basement dept store yang pernah gw liat bisa seharga ratusan hingga jutaan rupiah. Kenyang nggak, bangkrut iya.

Jadi memang mesti pintar2 menyiasati biaya makan di Jepang. Sebenernya gw gak ngerti tentang hal ini sbelum gw brangkat ksana, tapi duit yang terbatas memaksa gw untuk belajar dengan sendirinya, hahahaa. Jadi yg gw tulis disini bener-bener dari pengalaman nge-gembel di Jepang selama 10 hari. Berhubung budget trip, jadi aware dengan yang bginian. Jaman dulu business trip ke Jepang, boro-boro ngerti, gw pernah makan nasi kari yang harganya sampe 2000yen alias 200rb! 

Jadi untuk mencegah hal tersebut terulang lagi, ini saran gw.

1. Set the budget and stick to it.
Sbelum brangkat, gw atur budget makan gw sebesar 1500 yen sehari. Asumsinya, makan 3x shari, masing-masing sebesar 500yen. Menurut gw cukuplah, toh makan di mall Jakarta juga skitar sgituan skali makan. Tapi pelaksanaannya fleksibel.  Kadang breakfast dan lunch time gw gabungin, misal habisnya hanya 500yen. Jadi gw punya 1000 yen buat makan malam. Nahh, duit sgini bisa lah buat makan agak enak dengan porsi mengenyangkan di Jepang, hehe.


2. Find some restaurant around or inside the station.
500 yen bisa dapat apaaa di Jepang? Yeahh, gw juga ngerti sih jeritan hati ini. Tapi yahh slama muter-muter di Jepang, gw baru ngeh klo di skitar stasiun, banyak koq food stall yang menawarkan makanan dibawah harga 500 yen. Walopun isi makanannya sederhana banget sih. Smacam nasi kepal plus miso soup. Ato udon dengan porsi hemat. Klo lu hobi makan, mungkin ini ga cukup. Tapi buat gw sih ini lumayan bangeeett.



3. Mampir ke 7-11 atau convenience store terdekat.
Klo sarapan gw seringnya mampir ke mini mart yang paling dekat dengan hostel. Biasanya sih nyari roti dan a glass of milk or coffee. Sarapan ini paling skitar 300yen, hehe. Udah kenyang pula. Kadang gw juga bawa sushi roll yang ukurannya lumayan gede buat bekal makan siang. Ini gw lakukan klo jadwal keliling kota hari itu lumayan padat dan belum tentu ada resto yang affordable di skitar tempat wisata. Menghemat waktu dan duit gw, tentunya. Praktis kan?


4.  Mampir ke basement dept store after 8 pm.
Ini beneran ga sengaja taunya. Jadi pas di Hiroshima, gw balik ke hostel udah malam dan bingung mau makan apa. Jadilah gw jalan-jalan ke stasiun Hiroshima deket hostel dengan harapan bisa menemukan resto yg murah seperti yang gw jelaskan di point no 2. Eh ternyata pas lagi muter di basement, ada tulisan disc 50% yang dipajang di atas bento-bento cantik. Gw pun spontan menghampiri stand bento untuk mengkonfirmasi promo disc tersebut. Bener ternyata, smua bento itu disc 50% karena udah malam. Senangnyaaa, gw langsung excited milih-mlih bento mahal. Hahahhaha. Lumayan banget kan bento harga 1000 yen jadi cuman 500 yen. Pas sesuai budget!


5. Suka donat? Try it for breakfast.

Dekat hostel di Osaka pas di depan gangnya ada restoran donat. Tadinya makan disitu karena bingung mau sarapan apa secara udah jam 9-an.. Makan roti ga nemu mini mart, makan besar masih kepagian. Jadilah mampir ke resto donat. Ternyata harganya affordable banget. Satu buah donat harganya 100 yen. Dan dapat air putih dingin gratis. Makan satu donat aja sebenarnya kenyang, tapi jadi ga enak sama mbak-mbaknya nongkrong disitu cuman modal 100yen. Jadilah gw pesen 3 donat tapi gak habis jadinya…


6. Makan di resto pinggir kota.
Awalnya gara-gara2 diajakin temen makan di resto deket rumahnya yg letaknya skitar 20-an menit dari Shinjuku. Dia bilang, don’t worry harganya biasa aja koq. Gw udah deg2-an, ‘biasanya’ dia ma ‘biasanya’ gw kan belum tentu samaaa. Pas sampe di restonya, ihhh bahagia banget, makanan ala-ala chicken teriyaki harganya skitar 700-800 yen. Dan tentu saja, drink for free. Bayangkan makanan serupa di bilangan pusat Tokyo misalnya, beuhhh diatas 1000 yen pastinya.


7. Most importantly, ask the locals.
Betul, dari semua point-point yang gw jelaskan, ini yang paling jitu. Orang local pasti jauh lebih tahu tentang makanan murah di daerah kotanya. Colleagues gw yang orang Jepang aja ngaku, walo kantornya di daerah pusat bisnis marunouchi yang terkenal elit, mereka juga lebih milih makan di warung-warung murah gak jauh dari stasiun Tokyo. Dan gw pun merasakan sendiri makan sushi murah tidak jauh dari stasiun Shinjuku, lagi-lagi karena diajakin temen. Makan sushi sampe kenyang berdua cuman habis 600yen per orang. Di Jakarta aja belum tentu kaaan, hehehe.

8. Last but not least, try the vending machine.
Mulai dari ramen, roti, ice cream sampe pisang. Vending machine di Jepang penuh dengan pilihan makanan yang bisa dicoba. Dan harganya juga masih affordable sih buat gw. Lumayan buat mengisi perut klo lagi males kmana-mana dan yang ada di depan mata cuman vending machine... *edisi malas*

Jadi begitulah, slamat mencoba cara-cara diatas. Oiya, coba makan di yoshinoya juga boleh koq. Kemarin pas di Kyoto gw makan yoshinoya, beef bowl yang kecil harganya hanya 280 yen. Muraaah dan kenyang. Hahahahha.

Tapi another advice, klo emang lagi pengen makan sesuatu dan ga sesuai budget, I'd say go for it! Ga ada salahnya koq to treat yourself. It's your own money anyway. Asal ga keseringan aja dan ga bikin bangkrut, hihihii.

2 komentar:

Halida A. mengatakan...

Waaaa..tipsnya lengkap banget hehehe. Belum pernah ke Jepang tp selama ini udah siapin jurus hemat, seperti beli sushi murah atau ke convenience store. jd nambah lg trik hemat di Jepang :D untungnya aku bkn tipe doyan ngemil.. uangnya bisa dipakai belanja :p

amelia mengatakan...

Wah hampir sama nih dg sy yg jd wisatawan pas2an 3 mgg di tokyo + nagano..sdkt tambahan buat bekal makan siang sy srg bli onigiri 3 kepel skitar 300-an yen dg modal saos sambal sachet dari jkt yg sll ada di tas, di jalanan kecil di tokyo jg ada bento hrg 250 - 350 yen dg menu ckp lengkap ukurannya cukup utk perut saya, yoshinoya jg jd andalan makanan murmer + kenyang, roti2 di bwh stasiun jg disc stlh jam 8 mlm, air putih jgn bli di vending machine, mahal, termurah di toko 100 yen dpt 2 botol, tp sy wkt itu ngakalinnya adalah sll bw botol minum dan tinggal ngisi dimana liat keran krn air keran disana aman, gratis..tp gak tau skrg krn sy brkt tepat sblm tsunami maret 2011 kmrn jd airnya msh aman..smg dpt mjd alternatif